Skip to content

Anehnya Kontestan Divisi I Liga Indonesia 2010

22 Agustus 2010

Saya terperangah melihat keanehan komposisi kontestan Divisi I PSSI 2010 yang diumumkan oleh Badan Liga Amatir PSSI melalui situs resmi PSSI (www.pssi-football.com). Mengapa? Karena terjadi kesimpangsiuran kondisi kontestan jika dirunut ke belakang pada musim kompetisi tahun sebelumnya.

Keanehan Pertama; keikutsertaan PS Madina Medan Jaya yang diumumkan tergabung ke dalam Grup I Divisi I Liga Indonesia 2010. Padahal pada musim sebelumnya (5 Oktober 2009) PS Madina Medan Jaya diskors PSSI terkait kasus tunggakan gaji pemain asing pada tahun 2007. Akibatnya PS Madina Medan Jaya yang saat itu baru memainkan satu pertandingan dicoret dari peserta Divisi I.

Logikanya, dicoretnya PS Madina Medan Jaya membuat klub tersebut menjadi juru kunci grup pada musim itu dan terdegradasi. Tetapi ternyata BLAI berpikiran lain, karena justru yang terdegradasi malah klub PSIB Bengkalis yang saat itu berhasil menyelesaikan kompetisi dan berada satu tingkat di atas PS Madina Medan Jaya.

Keanehan Kedua; Kasus seperti PS Madina Medan Jaya juga terjadi pada Gaspa Palopo. Bedanya, Gaspa Palopo pada Divisi I Liga Indonesia musim ini tidak mendaftarkan diri sehingga tidak mengikuti kompetisi dan otomatis terdegradasi. Tapi secara logika, seharusnya Gaspa dan PS Madina Medan Jaya otomatis terdegradasi sehubungan dengan pencoretan kedua tim pada musim sebelumnya.

Keanehan Ketiga; tercantumnya Yahukimo FC sebagai peserta Grup XI Divisi I Liga Indonesia 2010. Padahal sesuai catatan, pada kompetisi sebelumnya Yahukimo FC tidak mengikuti kompetisi Divisi I, sehingga secara logika harusnya Yahukimo FC seharusnya otomatis terdegradasi dan bermain di Divisi II tahun ini.

Keanehan Keempat; tercantumnya Persidago Gorontalo sebagai peserta Divisi I Liga Indonesia 2010 yang mengundurkan diri. Padahal sesuai catatan, pada kompetisi sebelumnya Persidago Gorontalo tidak mengikuti kompetisi Divisi I, sehingga secara otomatis terdegradasi dan bermain di Divisi II tahun ini. Hal ini terbukti dari tercantumnya Persidago Gorontalo sebagai peserta Divisi II Liga Indonesia 2010 yang lagi-lagi mengundurkan diri karena ketiadaan dana.

Entah bagaimana Badan Liga Amatir Indonesia menyikapi hal ini.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat hasil pertandingan dan klasemen Divisi I Liga Indonesia 2009 di beberapa situs berikut ini:

http://www.rsssf.com/tablesi/indo2010.html#div1
http://novanmediaresearch.wordpress.com/divisi-i/

One Comment
  1. Saya juga baru mengetik ulang data dari situs resmi web PSSI, tetapi belum di-upload. Oh ya tentang data itu, kalau tidak salah ada “bonus”. Alasannya, klub-klub peserta banyak yang tidak mendaftar. Karena itu, untuk melengkapi kuota, BLAI-PSSI menggelar play off. Untuk menulis data itu terlalu panjang (mungkin perlu waktu dan check and recheck), sehingga data divisi II dan divisi I (nanti kalau di-upload) di blog saya, dibiarkan begitu saja seperti yang disajikan situs web resmi PSSI. Namun, nggak tahu lah🙂 Cukup lelah untuk memeriksanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: